Tinggal tekan tombol on/off saja

Sebetulnya sudah lama buku ini saya beli, yaitu sekitar bulan Juli, 2007. Kesibukan karena pekerjaan sehingga baru hari ini saya tuntaskan.  Menurut saya, buku ini sangat bagus, sebuah buku ilmiah popular, yang ditulis oleh Dr. Kazua Murakami.  Seorang ahli Genetika terkemuka yang telah berhasil memecahkan kode genetic Renin pada manusia. Beliau juga adalah pemenang Max Planck Research Award sekaligus pendiri Institut for The Study of the Mind-Gene Relationship.

Kita akan dibawa untuk melihat keajaiban sebuah gen, keselarasan hukum alam, dan bagaimana sains dan spritualisme saling terkait di dalamnya. Melalui pengalaman risetnya bertahun-tahun mengenai renin manusia inilah yang hendak ditularkan kepada pembacanya.  Apa yang ditulis di buku ini, sangat menginspirasi dan memiliki dasar ilmiah yang kuat, karena ditulis dan pengalaman dari penelitinya langsung.

Penelitian Kazua Murakami sendiri didasarkan pada penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya,  Fracois Jacob dan Jacques Monod,  pada E.coli yang hidup di dalam usus.  E.coli yang biasanya mengonsumsi glukosa ternyata dapat diubah menjadi dapat mengonsumsi laktosa. Diketahui bahwa kemampuan mencerna laktosa ini sudah ada sejak awal, hanya saja dalam keadaan dorman, dan bukan didapat belakangan. Kemampuan ini diperoleh dengan memadamkan gen yang memproduksi enzim pengurai glokosa tersebut. Dan mengaktifkan gen yang mampu mengurai laktosa, agar bertahan hidup. Apa yang dikemukan oleh Jacob dan Monod ini kemudian dikenal dengan Teori Operon, yaitu ada gen yang membentuk protein ada juga gen regulator yang menyalakan dan memadamkan gen tersebut. Karena penemuan ini pula Jacob dan Momod serta Andre M Lwoff menerima hadiah Nobel dalam bidang Fisiologi dan Kedokteran pada tahun 1965.

Fakta tombol switch on/off pada gen inilah yang coba akan dikembangkan dan diberitahukan kepada kita  oleh Kazua Murakami. Beberapa point yang dibahasa adalah, bahwa: Gen kita tidak tetap, dapat berubah karena berbagai factor dan apa yang memungkinkan hal itu bisa terjadi.

Kazua Murakami  berhipotesis bahwa Faktor pikiran ikut serta dalam mengubah fungsi gen tersebut atau menjadi nyala-padam. Cara berpikir kita dapat menyebabkan kita sakit, atau sebaliknya, membantu kita memulihkan diri. Disinilah gen ikut campur tangan. Apa yang kita pikirkan mempengaruhi kerja gen kita. Dan dari hasil risetnya melalui renin manusia ternyata terbukti.

Gen adalah blue print setiap makhluk hidup, yang mengandung informasi genetic, tersimpan dalam kode basa kimia yang direpresentasikan oleh huruf-huruf A, T, C, dan G.  Keempat basa ini ditemukan di anak-anak tangga spiral heliks dan berpasang-pasangan. Pasangan ini tidak pernah berubah.  Setiap gen memiliki lebih dari 3 milyar kombinasi dari empat huruf-huruf ini. Informasi yang tersimpan dalam huruf-huruf ini terkemas dalam 23 pasang kromosom.  Urut-urutan merekalah yang pada akhirnya memberikan instruksi untuk mensintesis  protein.

Sejauh ini, hanya 5 – 10 persen saja gen yang bekerja, apa yang dilakukan oleh sisanya masih belum diketahui. Dan tidak bekerjanya ini mungkin karena bereaksi kuat terhadap kondisi mental kita. Dan rahasia 90-95 persen ini lah yang perlu kita ketahui banyak.

Gen adalah akar dari segala macam penyakit, ada gen yang berhenti berfungsi, ada juga gen yang teraktivasi. Hal ini disebabkan oleh keturunan dan lingkungan. Tetapi ada juga,  kita membawa gen keturunan penyakit seperti Diabetes, tetapi sepertinya tidak menunjukan gejala apa-apa. Mengapa kita tidak mengalami penyakit tersebut? Karena faktor lingkungan dan faktor psikologis telah menjaga gen tersebut tetap non aktif. Ini lah bagian dari salah satu yang 90-95 persen itu.

Berpikir positif adalah kunci penting menyalakan gen bermanfaat dan memadamkan gen-gen yang berbahaya.

Sebagai catatan, bahwa ada bagian tertentu, dimana saya kurang sependapat dengan apa yang ditulis oleh  Dr. Kazuo Murakami, pada buku tersebut, khususnya pada halaman 138 – 139, tetapi akan saya bahas pada tulisan terpisah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: