Perjalanan menuju Sawarna

Sambungan

Kalau di lihat dari satelit, ternyata perjalanan saya benar-benar buleud (bulat), lihat gambar satelit yang saya capture melalui Google Earth. Perjalanan yang dimulai dari Jakarta, menuju  Serang melalui jalan TOL Jakarta – Merak, berjarak kurang lebih 92,5 km dengan waktu tempuh kurang lebih  1 jam 12 menit.  Sekedar catatan, jalan Tol ini memang aneh, namanya jalan Tol tetapi banyak sekali lobang-lobang dan di beberapa ruas jalan di tutup karena masih dalam perbaikan, sehingga jalan praktis hanya bias dilewati dalam satu baris kendaraan saja. Masih pantas disebut jalan TOL? Kayanya enggak dech!

Jalur perjalanan menuju Sawarna

Keluar pintu tol Serang, perjalanan kami lanjutkan menuju Saketi.  Kenapa Saketi? Karena ketika tanya sama orang-orang  yang ada di sana, untuk menuju Malimping, itu memang harus melalui Saketi. Jarak Serang – Saketi, adalah 43,8 km dengan waktu tempuh sekitar 51 menit. Di sini, kami sempatkan untuk mengisi BBM. Jalan-jalan di daerah sini kondisinya masih bagus, mulus.

Baru, selepas Saketi, perjalanan sudah mulai nggak jelas bentuk jalannya. Banyak kolam-kolam ikan di tengah jalan. Sebetulnya ada pembangunan jalan, tetapi sayangnya masih setengah-setengah. Maksudnya, jalan dibangun hanya ada dibeberapa titik saja. Jadi, jalan berhotmix, tetapi hanya ada di beberapa titik selebihnya adalah bolong-bolong hancur banget. Inilah perjalanan yang benar-benar mengambat mencapai Sawarna untuk tepat waktu sesuai dengan yang direncanakan.

Kerusakan jalan ini pun cukup panjang, mungkin sekitar 20 km-an. Tetapi setelah itu, jalan sudah bagus lagi, meskipun ada beberapa yang bolong ditengah-tengah, sehingga harus memperlambat laju kendaraan yang saya kemudikan. Jarak Saketi – Malimping adalah 53,7 km, di mana dalam kondisi normal seharusnya bias ditempuh sekitar  1 jam-an. Tetapi perjalanan ini saya tempuh sekitar 2 jam-an lebih. Sebaliknya kondisi Malimping – Bayah, jalannya sangat bagus dan mulus. Jarak yang hanya 40,6 km dapat ditempuh hanya dalam 45 menit saja.

Pulangnya, saya menggunakan rute lain, yaitu Sawarna – Pelabuhan Ratu – Bogor dan Jakarta.  Jarak dan waktu tempuhnya adalah: Sawarna – Pelabuhan Ratu: 42,1 km dengan waktu tempuh 52 menit. Pelabuhan Ratu – Bogor = 78,8 km, 1 jam 33 menit,  Bogor – Jakarta = 55,9 km, 48 menit.

Jadi, ditung-hitung lebih dekat melalui Pelabuhan Ratu, dan dengan waktu tempuh yang lebih singkat.

Baca juga yang ini:

Sawarna (26-27 Juni 2010)

  1. Mengisi Liburan Sekolah di Sawarna
  2. Dari Bayah ke Sawarna
  3. Tanjung Layar
  4. Goa Lalay
  5. Biarlah Sawarna tetep tersembunyi
  6. Perjalanan menuju Sawarna

8 responses to “Perjalanan menuju Sawarna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: