Pontianak dan Singkawang

Akhirnya selesai juga, tugas saya di Pontianak, pekerjaan  yang dimulai sejak 9 Desember 2009, hari ini, 18 Desember 2009 berakhir. Cukup melelahkan sekaligus menyenangkan. Melelahkan karena dikerjakan hanya oleh 3 orang saja, menyenangkan, karena ada kesempatan ber-backpackeria, di Pontianak dan Singkawang.

Sebuah pekerjaan di  kantor cabang baru di Jalan Ahmad Yani, jadi pekerjaan instalasi LAN (Local Arena Network) ini benar-benar dikerjakan dari nol, termasuk setup server, client dan system operasinya. Untuk server dan client menggunakan merek DELL.  System operasi jaringan menggunakan Novell dan client masih menggunakan Windows XP SP3. Aplikasi Office menggunakan yang gratisan, OpenOffice.

Pekerjaan menjadi lama terselesaikan, karena sekalian juga mentraining orang-orangnya yang juga masih baru menggunakan aplikasi berbasis web tersebut.

Karena memang hobbynya jalan, di sela-sela kesibukan, kami menyempatkan juga untuk melihat-lihat kota Singkawang, Tugu Khatulistiwa, sebuah kraton di kampung dalam Bugis, dan alun-alun Kapuas.  Tak lupa juga menikmati wiskulnya: bubur ikan teri, es lidah buaya, dsb.

Istana Kadriah

Istana ini kabarnya dibangun pada tahun 1771 – 1778 M, di mana pembangunan ini dimulai setelah dibukanya daerah baru, yang diberi nama Pontianak. Jadi, istana ini adalah cikal bakal lahirnya kota tersebut. Dan Sayyid Syarif Abdurahman Alkadri adalah sultan pertama Kesultanan Pontianak.

Untuk mencapai lokasi, dapat dijangkau melalui sungai dan darat. Jalur sungai dapat menggunakan sampan atau speedboat, sedangkan jalur darat menggunakan bus yang melewati jembatan Sungai Kapuas.

Papan penunjuk Istana Kadriah

Istana Kesultanan Kadriah

Tugu Khatulistiwa

Pembangunan ini bermula dari satu Team Ekspedisi  International yang dipimpin oleh seorang akhli Geografi berkebangsaan Belanda yang mencari titik garis Equator di kota Pontianak. Pada titik tersebut kemudian dibangun tugu berbentuk tanda panah pada tahun 1928. Kemudian tahun 1938, disempurnakan kembali oleh seorang arsitek Silaban. Tahun 1990, tugu tersebut direnovasi yang kemudian diresmikan pada tanggal 21 September 1991 oleh Gubernur Kalimantan Barat, Pardjoko Suryokusumo, hingga bentuknya menjadi seperti yang saat ini saya lihat.

Di depan Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa, Pontianak

Di lokasi ini, setiap tanggal 21 – 23 Maret dan 23 September pada tengah hari, kalau kita berdiri di sana, akan tidak ada bayangan sama sekali. Menunjukkan bahwa tugu khatulistiwa tersebut benar-benar terletak tepat pada garis lintang di nol derajat.

Berdasarkan penelitian oleh Parluhutan Manurung, Rustandi dan Suradi bekerjasama dengan Dr. Fukuda dan Dr. Higasi dari Universitas Kyoto, yaitu  dengan pengukuran berulang sebanyak 9320 kali diperoleh hasil bahwa: Nilai gravitasi di titik ini adalah: 978079,1179+/- 2.1 miligal. Sebuah tempat menarik untuk melakukan riset.

Singkawang

Salah satu tempat ibadah di pusat kota, Singkawang

Singkawang terletak di pesisir pantai dan dikelilingi oleh gunung-gunung menjadikan kota ini menjadi tempat menarik untuk dikunjungi. Keindahan sudah terlihat ketika mulai memasuki kota ini. Sayangnya, waktu saya sangat terbatas, sehingga tidak banyak tempat yang dapat dilihat, selain hanya keliling Kota Singkawang saja.  Padahal menurut informasi, di sini banyak sekali obyek-obyek wisata menarik, seperti: Taman Pasir Panjang Indah, Palm Beach, Sinka Island Park, Taman Bukit Bougenville,  Wisata Alam Hangmoy, Taman Rekreasi Chidayu, Taman Burung, Gunung Roban, Batu Belimbing,  Taman Rekreasi Teratai Indah, Kawasan WIsata Gunung Poteng, Water Front, Taman Gayung Bersambut. Sayangnya semua tempat itu tidak sempat saya kunjungi.  Mungkin lain waktu, saya akan kembali ke sini. Semoga Tuhan masih memberi kesehatan dan umur panjang, dan kantor menugaskan saya di sana.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: