Rencana Backpacking ke 3 Negara ASEAN

Berbeda dengan tahun-tahun  sebelumnya yang selalu mengambil cuti diakhir tahun, kali ini jadwal cuti saya adalah dikaitkan dengan ulang tahun pernikahan saya. Perjalanan yang dituju adalah backpacking trip ke tiga Negara di Asia Tenggara,  dan Thailand adalah negara yang beruntung mendapat penghormatan kunjungan pertama saya keluar negeri, disusul Malaysia, dan Singapore.

Siang itu, ketika cek di websitenya, ternyata masih ada tiket promo untuk tanggal 31 Maret 2009. Tidak menyia-nyiakan waktu, segara saya daftarkan untuk 2 orang, saya dan istri saya. Anak-anak? Enggak ikutlah! Setahun sekali, anak-anak tidak perlu ikut, hari-hari lain, tentu kami akan selalu pergi berempat.

Ini adalah  pengalaman pertama kali booking secara online, melalui website sebuah maskapai penerbangan, Air Asia. Pembelian secara online, melalui internet menggunakan kartu kredit, ternyata sangat mudah, tidak sesulit yang saya bayangkan sebelumnya.  Tinggal memilih kota tujuan, kemudian menentukan tanggal pemberangkatan, dan semua jadwal penerbangan segera terpampang, disertai tarifnya. Secara default kursor akan selalu berada di harga termurah dari daftar harga tersebut.  Selanjutnya isikan data diri, dan nomor passport. Tentukan pembayaran, sebutkan nomor kartu dan juga tiga digit angka dibelakang kartu, beres.

Untuk alasan penggunaan inilah, saya mengajukan permohonan kartu kredit ketika pertama kali di tahun 2001 itu. Sejujurnya, saya tidak begitu suka dengan kartu kredit, karena bagi saya  tidak lebih dari sebuah kartu hutang. Dan baru kali ini, setelah 10 tahun kartu tersebut benar-benar saya manfaatkan. Jumlahnya pun sengaja saya batasi, sekedar untuk mencegah tindak kejahatan kartu kredit (fraud) di internet, meskipun beberapa kali pihak penerbit memberi kemudahan untuk menaikan batasan kredit, tetapi saya tolak.

Begitu kepastian tiket diperoleh, barulah saya mengajukan ke Bos untuk cuti  selama 12 hari dari tanggal 31 Maret 2009 hingga 11 April 2009. Saya termasuk karyawan yang rajin ngantor, sehingga jatah cuti saya pun utuh, dan langsung mendapat persetujuan.

Ini adalah perjalanan kali pertama keluar negeri, pasca pembebasan biaya fiskal. Sehingga dokumen berkaitan dengan pajak menjadi penting untuk disiapkan, seperti fotokopi kartu NPWP. Laporan pajakpun sudah saya laporkan, mencegah kalau-kalau ternyata NPWP saya begitu dicek ternyata tidak aktif, bisa-bisa harus bayar Rp 2,5  jt dikalikan dua menjadi Rp 5 jt, lebih besar dari biaya perjalanan itu sendiri. Tidak lupa saya siapkan juga fotokopi kartu keluarga, mengingat NPWP istri saya bergabung dengan saya.

Untuk mencegah kehilangan passport, saya sudah scan dan di simpan dalam bentuk digital. Sehingga jika ada masalah, tinggal download saja dokumen tersebut.

Tiket pergi sudah ditangan, dokumen sudah disiapkan, ijin dari Bos pun sudah dipegang.  Tugas sekarang adalah  hunting untuk tiket pulang.  Secara keseluruhan, rencana perjalanan saya adalah: Jakarta – Bangkok (dengan pesawat), Bangkok – Phuket (dengan bis), Phuket – Kuala Lumpur (dengan kereta api), Kuala Lumpur – Singapore (dengan kereta api), Singapore – Batam (dengan ferry), Batam – Jakarta (dengan pesawat).

Bersambung


One response to “Rencana Backpacking ke 3 Negara ASEAN

Tinggalkan Balasan

