Mulai membangun rumah

tanahKebanyakan jalan-jalan, hingga lupa ngebangun rumah hi hi hi… Jadi, sekarang saya harus sudah mulai memikirkan untuk membangun rumah.  Tanah sudah ada, dibeli sejak 6 September 2005,  letaknya enggak jauh dari Kelapa Gading, Jakarta. Waktu itu beli harganya Rp 825.000,- permeternya, dan sekarang ternyata harga pasaran di sini  sudah Rp 2.500.000,- .  Kalau dijual lagi bisa untung sebetulnya. Tetapi saya tidak berniat untuk menjual, karena untuk memperoleh lokasi yang menurut saya strategis dan cukup nyaman itu, dibutuhkan pergumulan yang panjang. Saat ini pergumulan kembali dimulai, hanya dengan langkah iman saja, semoga apa yang digumulkan, berhasil. 

Hari ini, saya mau survey harga pasir, kira-kira berapaan ya? Sementara ini sudah dicek di toko material dekat rumah harganya adalah: Rp 1.365.000,- per 7 meter kubik. Sedangkan kalau di daerah Bogor harganya adalah Rp 1.400.000,-. Sementara seorang kawan saya yang makelar pasir menawarkan Rp 1.300.000,- hmmm … Apakah enggak ada yang lebih murah lagi ya? Ada yang bisa kasih info, di mana yang bisa lebih murah lagi?

tanah2Siang ini rencananya mau cek di daerah Narogong, siapa tahu bisa lebih murah lagi … Ternyata harganya Rp 160.000,- perkubik tetapi mengambil sendiri. Merepotkan. Sesuai informasi, tanya sana, tanya sini, bahwa pasir yang dibeli dari tempat tempat pengumpul tersebut ternyata pasir yang sudah “dibangun” artinya ukuran volume yang nantinya kita beli tidak sesuai dengan kubikasi yang seharusnya kita peroleh, 6 kubik per truk. Mungkin hanya 5 kubik. Jadi, kesimpulannya kami akan beli di penambangnya langsung. Harganya sama, tetapi kubikasinya yang akan berbeda.

(Photo 1, lokasi tanah saya yang posisinya di hook. Photo 2, ketika saya dan istri dan juga Debby, ketika lakukan negosiasi harga, di tahun 2005).


3 responses to “Mulai membangun rumah

Tinggalkan Balasan

