Masuk angin

Ini adalah hari ke-3 saya di Bandung, tidak terasa tiba-tiba badan saya rasanya agak sedikit gemetaran. Dan penglihatan pun enggak begitu jelas. Mungkin masuk angin? karena kemarin saya hujan-hujanan diboncengin seorang teman.

Kalau sudah masuk angin, untuk saya, sebetulnya gampang saja. Segera dikerokin!. Beres. Telat sedikit buat saya bisa berbahaya. Sebab sudah ada pengalaman, yang hampir-hampir, lewat. Rupanya Tuhan masih berkemurahan sama saya, agar saya ada kesempatan untuk bisa memperbaiki tingkah laku saya.

Sedikit catatan, mengenai penyakit ini. Banyak orang hanya karena masuk angin, meninggal, yang disebabkan dengan apa yg disebut angin duduk. Saya tidak tahu persis apakah angin duduk sama dengan masuk angin? Setahu saya, angin duduk biasanya dicirikan adanya nyeri di dada sebelah kiri. Dan hanya berlangsung beberapa detik saja, atau bisa jadi hingga setengah jam. Karena adanya penyempitan pembuluh darah menuju jantung. Sehingga tidak ada darah yang masuk ke jantung. Kondisi seperti inilah yang kemudian terasa nyeri di dada. Jika saya merasakan seperti ini, saya segera meminta bantuan untuk dikerokin. Kalau dibiarkan, biasanya terasa ujung jari atau kaki atau tangan terasa dingin kemudian menjalar ke bagian badan yang lain. Dan ini sangat berbahaya, mata akan bergerak ke atas, dan muka terlihat sangat pucat dan kebiruan.

Harus segera dikerokin!  Tidak berapa lama kemudian biasanya akan normal kembali. Sejujurnya, khusus pengalaman saya, (tentu akan berbeda dengan orang lain) bahwa penyakit tersebut adalah karena pikiran, jika kita mau menerima kedatangan penyakit itu maka jadilah, jika kita mau menolak, sebetulnya bisa. Tetapkan hati untuk menolak, maka penyakit akan menyingkir melalui pergumulan di dalam hati. Tetapi terkadang, toh sakit juga, kenapa? Karena enggak kuat juga untuk menetapkan hati untuk bergumul.

Secara kebetulan, atas kemurahan Allah, saya termasuk orang yang jarang terkena sakit, untuk itu saya mengucap syukur kepada Nya. Saya sendiri tidak tahu lagi kapan terakhir ke dokter. Selama menulis blog ini saya belum pernah ke dokter, kalau pernah ke dokter tentu akan saya tulis disini. Semoga saja,  tetap begitu seterusnya, diberikan kesehatan oleh Yang Maha Kuasa.

Apa kaitan antara masuk angin dengan dikerokin?

Saya tidak tahu persis, dan saya bukanlah seorang dokter. Tetapi kenapa begitu dikerokin bisa sembuh? Catatan sederhana ini hanya sekedar pendapat saya, yang bisa jadi sangat mungkin salah. Mungkin di dalam pembuluh darah terjadi tekanan yang sangat hebat, sehingga terjadi aliran puting beliung di dalam tubuh. Untuk itu perlu di lakukan penggembosan di sana sini, sehingga kekuatan angin itu menjadi berkurang, yaitu dengan cara dikerokin. Melalui kerokan inilah akhirnya kekuatan angin sedikit demi sedikit menjadi berkurang kekuatannya. Hingga mencapai keadaan yang normal kembali. Maaf, itu cuma bahasa saya saja, bisa jadi orang-orang kedokteran akan menertawakan saya … hi hi hi…

Kasus yang sama juga terjadi bagi penderita stroke. Jika tiba-tiba saja kita terjatuh karena stroke, biarkan pada posisinya sipenderita seperti itu, jangan dipindahkan. Dengan cara kerja yang hampir sama seperti masuk angin, di mana tekanan darah akan sangat hebat menuju ke bagian kepala. Tekanan ini harus kita kurangi, jika tidak, akan lewat. Yaitu dengan cara yang hampir mirip seperti di atas, tetapi bukan dikerokin, melainkan tusuk semua jari-jari tangan dengan jarum,  keluarkan darah setetes. Ingat, semua jari ditusuk ujungnya hingga mengeluarkan darah setetes saja. Selanjutnya jika terlihat mukanya agak miring (mengok) tusukan jarum pada ujung telinga, dan jewer-jewerkan ke bawah hingga darah menetes. Muka yang miring biasanya akan segera normal kembali. Atau paling tidak akan lebih baik dari sebelumnya.

Penanganan yang sangat sederhana, tetapi banyak di antara kita justru tidak tahu. Semoga informai ini bermanfaat.

5 responses to “Masuk angin

Tinggalkan Balasan

