Antara Virus dan “Virus”

Hari ini (8/5), rencananya Bill Gates akan berkunjung ke Indonesia atas undangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pada kesempatan tersebut, Indonesia akan berupaya menjajaki kemungkinan kerjasama dengan Bos  Microsoft tersebut dalam pengembangan vaksin flu burung.   Semula saya sempat berpikir, yang dimaksud virus ini, apakah virus mikroorganisme sungguhan ataukah virus computer. Sebuah pemikiran yang wajar sebetulnya, karena dua domain yang sangat jauh berbeda. Bill Gates selama ini lebih dikenal sebagai pembuat software raksasa Microsoft, sedangkan yang satunya lagi masalah kesehatan. Belakangan saya baru mengerti,  bahwa Bill Gates dan istrinya mempunyai yayasan yang sebelumnya juga pernah diminta bantuan dananya oleh Glaxo SmithKline dalam mengembangkan vaksin dari virus H5NI yang berasal dari Indonesia.

 

Mengikuti perkembangan pervaksinan ini sebetulnya sangat menarik. Dan baru belakangan saya tersentak, akan keberanian seorang Siti Fadilah, seorang Menteri Kesehatan RI yang telah membuka kedok WHO. Sekaligus membuka mata saya terhadap lalu lintas virus dan permavaksinan di dunia.

 

Penjelasan beliau seperti yang ditulis dalam bukunya, bahwa selama ini, kita disuruh mengirimkan sample virusnya ke WHO. Belakangan diketahui ternyata virus tersebut dibisniskan dalam bentuk vaksin. Dan hebatnya lagi, mereka bukan malah mengirimkan produk vaksin tersebut kepada Negara yang membutuhkan (yang notabene sudah mengirimkan sample virus) melainkan ke Negara kaya lainnya. Negara miskin semakin terpuruk gara-gara wabah ini, sementara Negara kaya datang seolah seperti dewa penolong yang memberi sumbangan yang tidak seberapa dibandingkan keuntungan yang diperoleh.

 

Siti Fadilah, perjuangan Anda sangat memukau, semoga langkah Anda ditiru oleh para menteri yang lain.

 


2 responses to “Antara Virus dan “Virus”

  • Okta Sihotang

    virus komputer kali..
    emang si bill gates, tw ttg virus flu burung ??

    Virus beneran koq … 🙂

  • uwiuw

    semoga lebih banyak lagi yg seperti beliau. krn saat ini, tindakan beliau seperti berteriak seorang diri di lautan dominasi korup tanpa tepi…bener2 seorang diri😐

    semoga di masa depan dominasi kartel2 baik pervirusan walaupun apapun yg berhubungan dgn hajat hdup orang banyak tidak terjadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: