Masa berlaku passport

Tidak terasa, masa berlaku passport saya sudah hampir habis, 18 Januari 2013.  Kurang lebih sekitar 8 bulan lagi. Tahun ini, kebetulan saya tidak menjalankan ritual tahunan, backpacking. Ada beberapa alasan dan kendala, pertama, jatah cuti saya sudah habis, maksudnya sudah dihabiskan sama anak-anak liburan awal tahun lalu ke Gili Trawangan, Lombok. Kedua, keuangan untuk tahun ini tidak memungkinkan melakukan perjalanan ke luar negeri.

Saya biasanya kalau backpacking mengambil waktu di awal bulan April, kenapa? Hari itu adalah ulang tahun pernikahan saya. Sebetulnya sudah direncanakan sebelumnya bahwa  tahun ini akan ke Eropa, tetapi belakangan Air Asia tidak lagi melakukan rute penerbangan tersebut, yang biasanya ke Perancis dan Inggris. Nggak tahu kenapa? Rugi, mungkin!  Sepertinya iya, orang kita banyak yang ke sana, tetapi dari Eropa pada nggak ada yang  mau menggunakan budget airline tersebut sepertinya. Mungkin loh … Yang pasti, kalau jalur gemuk kan, nggak mungkin dihentikan.

Kembali ke soal passpor, kebetulan pagi ini di milis yang saya ikuti sedang membahas masa minimum passport yang boleh digunakan, dikaitkan dengan sisa masa berlaku passport saya. Dan saya baru diingatkan bahwa, masa berlaku passport adalah 6 bulan, ini berlaku untuk hampir seluruh negara. Misalnya kalau kita ke luar negeri, maka sisa masa berlaku passport minimal 6 bulan dihitung dari tanggal pulang.  Kecuali Amerika yang butuh 1 tahun masa berlaku passport sebelum kita melakukan perjalanan ke sana.

Kesimpulannya, saya harus siap-siap memperpanjang pasport lagi nih …

 

One response to “Masa berlaku passport

  • della

    mas, apa benar kalau ke amerika butuh minimal waktu 1 tahun? Jadi kalau paspor masa berlakunya tinggal 8 bulan lagi akan ditolak di imigrasi kita atu di amerikanya? pls info ya :)

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 75 pengikut lainnya.

