Cara mencapai Baduy

Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan saya sebelumnya, di sini.

Inilah, rute perjalanan yang saya lalui untuk mencapai Baduy.  Berangkatnya, adalah melalui jalur: Jakarta – Bogor – Jasinga – Ciboleger, dengan jarak tempuh:  Jakarta – Bogor  = 55 km, Bogor – Jasinga = 51 km, Jasinga – Ciboleger = 43 km, total = 149 km.  Sedangkan pulangnya saya menggunakan rute berbeda, yaitu: Ciboleger – Rangkas Bitung – Balaraja – Jakarta, dengan jarak tempuh:  Ciboleger – Rangkas Bitung = 45 km, Rangkas Bitung – Balaraja = 40 km, Balaraja – Jakarta = 48 km,  total = 133 km.

Dari kedua jalur tersebut, jalur terbaik, sebetulnya adalah Jakarta – Bogor – Jasinga – Ciboleger, walaupun jaraknya lebih jauh,  hanya saja ada beberapa tempat yang sangat luar biasa macetnya, yaitu di daerah: Dramaga, Cemplang, dan Leuwiliang.  Saat itu, mungkin karena suasana lebaran, jadi butuh waktu sekitar: 9 jam, berangkat pkl 10.00 wib, sampai di lokasi pkl 19.00 wib. Waktu normal sebetulnya adalah = 4,5 jam, mungkin karena ini sedang lebaran.

Sedangkan jalur:  Rangkasbitung, Balaraja dan Jakarta, kondisi jalannya luar biasa rusak, khususnya antara Rangkasbitung ke Balaraja, ada beberapa bagian jalan yang masih dalam perbaikan, tetapi total waktu perjalanan hanya butuh waktu:  4 jam. Tidak macet, walaupun bukan lebaran.

About these ads

2 responses to “Cara mencapai Baduy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 60 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: