Perjalanan dari Bangkok ke Phuket

03-04-09, hari ke-4, di Bangkok

Sore itu, diantar oleh Kun Somai, kami menuju Southern Bus Terminal, untuk melanjutkan perjalanan ke Phuket. Sengaja tidak memilih pesawat, sebab ingin menikmati perjalanan dengan bus double decker ini, senyaman apa sih?. Sepertinya menarik!

Terminalnya, cukup bagus, nyaman, sudah terintegrasi dengan pusat perbelanjaan di sebelahnya, yang banyak menjual makanan khas Thailand dan juga beraneka macam baju. Loket penjualan tiketnya sendiri berada di lantai 2. 

Ada beberapa pilihan jam keberangkatan, yaitu: pkl 06.00; 07.00; 08.00; 16.30; 17.30; dan 19.30. Kami memilih pemberangkatan pkl 16.30. Pertimbangannya bisa tidur di perjalanan dan berharap bisa nyenyak dan bisa sampai di Phuket sekitar pkl 05.00 pagi.

Kami sengaja memilih duduk pada urutan ke-2 dari depan, di atas. Kalau paling depan takutnya kaget, jika tiba-tiba bangun, ternyata tidak ada supirnya :D  Atau kalau ada apa-apa, kan yang di depan duluan …  Harga tiket THB 626 per orang, bis lainnya harganya beda-beda tipis.

Semula, bayangan saya mengenai bus double decker, atau sebut saja bis tingkat, memang bentuknya dua tingkat, akan berjalan lelet, sama seperti bis tingkat di Jakarta. Rupanya keliru. Bis ini berjalan sangat cepat luar biasa. Berangkat dari Southern Terminal Bus pkl 16.30, tiba di Phuket pkl 04.30. Total 12 jam perjalanan.

Jalan menuju kawasan selatan Thailand ini memang sangat mulus, ada dua jalur terpisah, dan tidak saling berpapasan, jadi sangat aman dan nyaman. Tidur pun semakin lelap, karena tersedianya bantal dan selimut. Hmmm… zzz … zzz …

Bis berhenti, dan saya lihat jam menunjukkan pkl 00.30 dini hari, saya tidak tahu nama tempatnya, yang pasti adalah tempat peristirahatan, dan tempatnya sangat ramai, banyak pedagang, tetapi sangat tertib dan rapih. Lapar juga ternyata, saya coba keliling, dan akhirnya pesanan saya jatuh pada sop daging sapi, di mana di bagian dasarnya sudah ada sayuran kol. Jadi mereka hanya tinggal menuangkan soup yang berwarna hitam tersebut di atas mangkok yang sudah ada irisan sayuran kol tadi. Ternyata lumayan enak.

Sementara menikmati makan malam,  tersebut, terdengar suara dari microfon dengan bahasa Thailand %$#@&*$# … sudah pasti saya tidak tahu artinya, hingga beberapa kali terdengar. Tidak lama kemudian ada seorang wanita muda yang mengelilingi setiap meja makan dengan berkalungkan papan pengumuman yang berbahasa Thailand juga, bolak balik di meja saya.

Selesai makan, kami kembali ke bis. Ternyata saya adalah orang terakhir yang kembali ke bis, dan semua mata tertuju ke saya. Rupanya informasi melalui microfon dan papan pengumuman tadi sebenarnya ditujukan ke saya :D

Bus pun meluncur, menembusi pekatnya malam, kami pun kembali terlelap.

Bersambung 

104 responses to “Perjalanan dari Bangkok ke Phuket

  • Yuli

    Sore…
    mas nama saya yuli
    mas saya rencana ke phuket by bus.
    persis seperti jam keberangkatan yg mas lakukan diatas.
    boleh ya nanya2…boleh la.. :P makasih :
    1. tiket bus beli ditempat lgsg ya?
    2. nama bus nya apa?
    3. untuk backpaker, hostel apa yg rekomended buat kami perempuan2
    4. rencananya kami datang 27 subuh tiba di phuket, trus ikut tour ke pulau2 itu…ada rekomen group tournya yg asyik?
    5.dan kembali ke bkk tgl 28 malam. jadi ada free tgl 28 itu kita seharian di phuket, better kemana mas??

    makasih ya infonya yg banyak…hehehehee….

    yuli

  • harjo

    Sore juga Yuli,
    1. Tiket bisa pesen dulu, bisa juga langsung.
    2. Nama busnya, saya gk begitu jelas, karena ditulis dalam tulisan Thailand. Tetapi gk usah khawatir, banyak koq di sana.
    3. Som Guesthouse, Phuket Backpacker, Bodega, banyak … bisa dilihat di hostelworld.com … saya sendiri tempo hari nginep di Hotel On On, lokasinya di Phuket, hotel nya sudah tua, yg penting buat saya murah meriah. Sy gk tau kalau buat cewe apa suka atau gk ya … di hotel kaya gitu…
    4. Sebaiknya tgl 27 ber leyeh-leyeh aja dulu, cape kan perjalanan 12 jam, pesen tiket untuk perjalanan besok ke pulau-pulau, baru agak siangan keliling Patong sampai malam dech …
    5. Tgl 28 baru ke pulau-pulau.

  • helen

    Hi Mas Harjo, salam kenal,
    Saya rencananya juga akan berangkat ke phuket-bangkok
    Mau tanya bbrp pertanyaan ya :)

    1. Dari phuket bus terminal apakah dekat menuju kawasan patong?
    2. utk tour phi phi island paling ekonomis beli dimana ya?
    Saya dengar bahwa ada variasi harga tour, karena kapal yang digunakan berbeda dan semakin murah harga, lokasi kunjungan tour semakin terbatas, apakah benar?

    terima kasih atas info nya ya :)

    • harjo

      Hi Mbak Helen, salam kenal juga.
      1. Dari terminal bus menuju kawasan Patong, lumayan jauh, harus naik bus. Harga tiketnya sekitar 25 THB.
      2. Waktu itu saya nginep di hotel On on, dan kebetulan beli di lobi hotel itu. Dan sepertinya disetiap lobi hotel ada yg jual koq.
      Harga variasi, waktu itu saya yg THB 800, jadi kapal yg digunakan berukuran cukup besar. Dan karena besar ini lah sehingga tidak bisa sandar di tepi pantai persis. Harus melabuh jangkar cukup jauh dari pantai. Khusus di Phi Phi Island yg indah itu, kita tidak bisa ke pantai yg pernah ditongkorongin si Leonardo Decaprio di Film Beach nya. Harga saya wakti itu termasuk murah, karena memang untuk keperluan mengangkut banyak orang. Kalau pakai speedboat yg isinya sedikit, tentu akan lebih mahal, tetapi kita puas bisa nyampe pantai dan bisa lebih lama.

  • Tika

    Hai mas, mau tanya msh tentang bus boleh yah?
    1. Kl langsung go show gak usah pesen masih bisa dapat kan?
    2. Itu bus langsung menuju terminal phuket town? Karena baca di beberapa blog ada yg bus nya hanya sampai surat thani dan sampai sana juga rada tak jelas gitu sampai saweran lagi naik sejenis minivan jadi smp di phuket town siang.
    3. Angkutan dr terminal phuket town ke patong mulai aktiv jam brapa yah? Dan kl terpaksa mandi pagi di terminal phuket bgmn kondisinya?

    Thanks

    • harjo

      Hai juga Tika,
      1. Waktu saya kesana, go show gk masalah koq.
      2. Iya, betul. Cari bus yg langsung dari Bangkok – Phuket.
      3. Kalau “bus” nya hanya sampai pkl 17.00, selebihnya tidak ada lagi. Yg namanya toliet / kamar mandi di Thailand, bersih-bersih. Toilet umum kita kalah bersih loh …

  • Sakyanata

    Halo salam kenal mas Harjo,
    Saya tertarik dengan tulisan mas ttg berbagi pengalaman terutama jika pergi dengan budget sangat terbatas.
    saya rencana berangkat ber2 dng istri tgl.10-14 Agustus 2010, dng flight promo airasia, rute jkt-phuket pp, kebetulan awal bulan puasa nih…..
    Saya mau tolong tanya dong :
    1. Istri ingin kita cb jalan2 dulu ke bangkok, jd kalau kita ingin ke bangkok dng naik bus, apakah bisa langsung dr airport phuket atau harus ke phuket city dahulu?
    2. Apakah terminal bus phuket itu berada tepat di phuket city?
    3. Apakah bus yg dari phuket pasti masuk ke Southern Bus Terminal? Jika tidak apa ada terminal yg lain?
    4. Apakah ada saran penginapan yg pahe (paket hemat) yg nyaman dan tdk berada jauh dari terminal bus, atau ada penginapan yg bisa mas harjo kasih saran? terutama dekat dengan tempat keramaian karena istri ingin lihat2 dan belanja…(biasa perempuan), dan naik apa transportasinya dan berapa kira2 biayanya?
    5. Apakah ada saran untuk keliling 1 hari di bangkok yang menarik?
    6. Hotel On on yg mas Harjo ceritakan itu terletak dimana, apakah dekat dng pantai patong? berapa rate/malam?
    7. Transport dr patong ke bandara phuket berapa dan waktu tempuhnya berapa lama? soalnya flight kita kembali ke Indo adalah pk.08.05 pagi, takut tdk sempat, atau ada saran?
    8. Tarif airport tax di bandara phuket berapa ya mas?
    Maaf nih banyak bgt nanya, drpd bingung di negara orang.

    Terima kasih ya utk sharing infonya.

  • Harjo

    Salam kenal juga Pak. Saya akan coba jawab:
    1. Kenapa nggak diubek-ubek dulu aja tuh Phuket, baru ke BKK? Karena dari airport harus ke Phuket city dulu.
    2. Iya betul, di pusat kota.
    3. Iya, betul, pasti masuk ke terminal itu.
    4. Kalau yg dekat terminal bus, ya, Hotel On On itu, ttp hotel itu memang kurang nyaman kalau bersama keluarga, kecuali sendiri. Cari yang agak bagusan aja, di sebelah hotel On On ada juga koq. Kalau mau ke tempat keramaian, ya harus ke Patong dulu, naik bis, tiketnya sekitar THB 25.
    5. Yg wajib didatengin ya, Grand Palace, MBK, Khaosan Road, hmmm apa lagi ya, jadi lupa …
    6. Dekat terminal bus, tetapi jauh dari Patong. Ratenya murah banget cuma, Rp 75 rb, ttp saran saya, cari yg dekat Patong aja. Kecuali budget bener2 terbatas kaya saya, ya saya lebih memilih On On itu.
    7 & 8. Saya belum pernah naik pesawat dari Phuket, jadi gk bisa jawab. Nanti kalau dapat informasi sy tambahkan lagi ya.

    Salam

    • sakyanata

      utk mas Harjo,
      terima kasih atas infonya btw aku msh boleh tanyakan…..hehehehe
      1. apakah di BKK dr Southern Bus Terminal cukup jauh jika hendak menuju ke area Sukhumvit ataupun Khaosan Road?
      2. Jika cukup jauh/tidak sebaiknya kami naik apa menuju ke arah sana, apakah dng BTS atau Sky Train atau taxi?
      3. Apakah ada kawan di BKK yg bisa saya hub hanya utk sekedar berkorespondensi? sukur2 dari Indonesia atau bisa berbahasa indonesia …..hehehehe… ngarep.com
      4. sementara ini kami sdh planning ttp ke BKK dulu walaupun waktu mungkin sgt mepet dan selanjutnya br kembali ke phuket.
      How ever thx banget utk infonya
      waslm,
      sakyanata n kel.

  • wongkamfung

    wah, mas harjo ini seorang backpacker toh… hmmm… menarik

  • sulkiflee

    kalau ada yang mau ke Phuket kontak saya ya, krn saya tinggal di Phuket sy kerja disini..

    • sakyanata

      halo mas sulkiflee….
      salam kenal, maaf mas punya alamat email dan no yg bisa saya hub jika saya ada rencana mau ke phuket……
      email saya : sakyanata_ssd@yahoo.com
      thx

    • addo

      Mas, mau tanya mungkin msh update.kalo dari bandara atau terminal phuket ke patong naik bis arah mana yah.apa ada lgsung dari bandara atau msti ke terminal phuket dulu?thanks lho…buat mas sulkiflee email anda apa ya?saya akan k phuket tgl 07 – 10 nov 2010.thanks

    • adhy

      Mas Sulkflee, tanya dong….
      Februari 2011 ini saya bersama temen (ber-empat) ke Phuket, kami nginap di Patong.
      saat pulang kita naik airasia terbang jam 8 pagi, jadi harus berangkat dari patong subuh supaya ga terlambat…..nah transportasi murah apa ya yg bisa kami pakai subuh2 tsb ? dan dimana kami bisa memesannya dari Patong ?…thanks mas

    • nia

      hallo mas sulkiflee..
      tgl 29 feb 2012 sy dkk mw ke phuket niy,,
      tp msh bingung mw kmn nya,,
      no telp mas brp??..sesama WNI,,kmunikasi kan bs lbh lancar,,
      hehehehe,,
      tlg replay email sy yaa..
      nindikusayang@yahoo.com,,
      trima kasih

    • cicik pujiastuti

      hallo mas sulkiflee…
      salam kenal :-)
      rencana tgl 7 september 2012 saya mau ke phuket ….bersama kawan saya mungkin kita bisa bersua atau berbagi info …mengenai wisata di phuket …secara mas sulkiflee kan tinggal disana pasti lebih tau banyak dong …mohon infonya yaa : ini email saya ya : ci2k.pu@gmail.com
      makasihhhh…..

    • Lili

      mas sulkiflee…
      email saya di= nightly_nite@yahoo.com

      tolong info” phuketnya…
      saya banyak sekali pertanyaan nihhh

      thanks alot!

  • romi

    salam kenal mas harjo….
    saya rencana mau ke bangkok terus ke phuket…
    saya mau tanya …
    1. sudah tiba di bandara bangkok …trus mau ke terminal bus nya yang ke phuket jauh ga?….apakah menggunakan taksi…kalau menggunakan taksi berapa harganya?…
    2.kalau di bangkok tempat penginapan yang agak tidak mahal dan tempat belanja yang terjangkau dimana?…
    terma kasih atas perhatiannya

    • Harjo

      Salam kenal juga, maaf, sudah lama nggak lihat blog, jadi baru bisa saya jawab sekarang:
      1. Naik bis No 556, yang menghubungkan Suvarnabhumi Airport ke Southern Bus Terminal melalui Yommarat – Monumen Demokrasi – Thammasat University – Pata Department Store – Southern Bus Terminal. Lengkapnya bisa lihat di sini: http://www.bangkokairportonline.com/node/56
      2. Yang murah meriah, di Khaosan Road. Kalau pasar: Cathucak.

  • christine

    haloo……..

    bulan depan saya mau ke phuket neh dari bangkok…
    kalau saya jam 6 ke Southern Bus Terminal dan beli tiket bus ke phuket yang jam 7.30 sempat gak ya?

    atau bagusan beli online?

    thx

  • Donna

    Hi salam kenal,

    Saya sekeluarga (3 adults & 2 children) mau jalan2 ke Phuket dan akan mampir ke Phi2 island dan Bangkok. Apakah lebih baik ikut tour atau jalan sendiri? Kalau jalan sendiri sebaiknya beli di mana tiket2 transportasinya ( bus dan ferry ).
    Thanks.

  • harjo

    @Donna, Selama di Phuket, sebaiknya ikut Tour saja kalau mau ke Phi Phi Island. Tiket bisa dibeli di tempat Anda menginap. Nanti tour local akan menjemput Anda di penginapan. Sedangkan untuk di Bangkoknya, tergantung, selama di Bangkok mau kemana saja?

  • Donna

    @Harjo, kalau di Bangkok rencananya ingin ke palace dan temple-nya..Hanya saya bingung dari Phuket ke Bangkoknya sebaiknya naik bus, kereta atau bisa dengan ferry mengingat perjalanan lumayan jauh. Terima kasih sebelumnya atas info yang diberikan

  • harjo

    @Donna, Kalau dari Phuket ke BKK sebaiknya naik Bus, tinggal naik di Terminal bus Phuket, langsung ke Bangkok. Sedangkan kalau naik Kereta, maka Anda harus ke Hatyai dulu naik bis, baru naik kereta dari Hatyai ke BKK. Cukup merepotkan. Naik bis cukup nyaman, double decker. Pergi malam, sampai pagi hari. Jalanan lurus, dari Phuket ke BKK jalanan dua jalur, terpisah. Jadi sangat aman.

  • Yoeni Rebellion

    halow mas,, saya akhir bulan 10 mau coba bagackeran ne bareng tmn2 sy,,tp kami berempat ce smua
    dan niat perjalanan nya mau dari medan-KL-phuket-bangkok-medan,
    kira2 rute yang kami pilih bagus ga yaa?
    atau bagusan mana mas… medan-bangkok-phuket-KL-medan?\
    kira -kira mas bisa bantuin pilih rute yang mana dulu yg hrus sy tempuh?
    biar hemat..
    dan mas bisa bantu saya ga,, perjelas naik angkutan apa sebaiknya dari rute yang saya pilih itu,,,dan wisata apa saja yang wajib saya kunjungi mas?dan dimana saya bisa mendapatkan ticket tour? dan kira2 itu berapa ya mas?
    karena waktu yang kami habiskan kira-kira 7 to 8 hari,,
    hehehe,,mhn maaf mas,, banyak banget pertanyaan nyaa,,,soalnya ne pertama kali kami mau bagpackeran…jadi perlu deatial penjelasannya,,biar ga tersesat dan ga tertipu nantinya,hehehe
    makasih ^_^

  • harjo

    Hallo juga, Kedua rutenya sudah bagus. Tergantung dapat tiket yg lagi hematnya saja. Tempo hari pengalaman saya adalah rute yg no 1. Dari BKK naik bus double decker ke Phuket langsung. Berangkat sekitar jam 9, sampe sekitar pkl 5 pagi. Kalau dari Phuket ke KL bisa langsung naik bis, bisa juga naik bis sampe di Hatyai lanjut dengan bis lain atau kereta. Sebaiknya bus lain. Cari bisnya di terminal bis di Phuket. Di sana banyak bis. Tiket tour di Phuket, bisa dibeli di tempat kamu menginap. Harga tergantung, apakah kapal besar 800 THB atau kapal kecil (?) Tp kalau berempat lebih baik iuran aja, sewa kapal kecil, bisa sandar di pulau Phi Phi. 8 hari cukuplah, 3 hari di BKK, 3 hari di Phuket, 2 hari di KL.

  • Indah

    mas Harjo,

    mau tanya dunk, kalau kita rencana kesana ikut paket travel dan akan menginap di Haleeva Sunshine Hotel. sebaik nya kita pilih penerbangan yg turun nya di bangkok atau di Phuket ya ..??
    karna kita ada fasilitas antar jemput jg dari bandara – hotel.
    tapi saya tidak tau, bandara mana yg terdekat dari hotel Haleeva Sunshine Hotel, bandara bangkok atau phuket.

    Terima kasih >_<

  • Wulan

    Dear Bpk. Harjo,

    Mau tanya sedikit, tahun dpan saya sm temen2 mau ke singapore-phuket-bangkok. Bisa bantu saya sedikit:

    1. Terminal phuket itu jauh dr patong gak ya? berapa harga tiket phuket-bangkok 1 x jalan ? ada kelasnya kah?
    2. Di phuket objek wisatanya apa aja ya? jangan terlalu jauh dr patong si. hehehe
    3. Dr bangkok pulang ke jakarta hematnya gimana y pak? apa transit dl ke phuket lg baru ke singapore apa ke jakarta lngsung?
    4. orang2 phuket / bangkok banyak yang jahat2 gak pa?
    5. naik tuk2 itu dr bandara phuket ke patong kira2 berapa? banyakan tuk2 yang suka matok hrga mahal?
    6. Saya dpt tour ke phi2 island hanya 1200bath by speedboat, apakah hotel local di patong bisa menawrkan lebih murah dr ini?
    7. Ticket terminal bs beli online ya pak? boleh tahu websitenya?
    8. kalau dr singaoper -kl-phuket (bangkok) naik bus makan wktu brpa hr ya pak? apa lbh baik pkai pesawat saja ya?

    Mohon bantu ya pak.

    • harjo

      Dear Mbak Wulan,
      Saya jawab berdasaran nomor ya,
      1. Lama perjalanan Bandara Phuket – Patong, sekitar setengah jam perjalanan aja. Harga tiket Phuket – BKK, sekitar RMB 560,- dan tidak ada kelas, naik bus doble decker.
      2. Obyek utama, adalah wisata pantai. Dan wisata malam di Patong.
      3. Langsung ke Jakarta.
      4. Mereka sangat baik, kecuali di wisata malam di Phuket, karena kebanyakan penduduk luar.
      5. Saya belum coba, tetapi kalau naik bis tanggung AC, sekitar Rp 24.000,-
      6. Itu sudah sangat murah untuk ukuran speedboat, ada yg lebih murah tetapi kapal yg agak besar, dan tidak bisa mencapai pantai di Phi Phi harganya RMB 800,-.
      7. Terminal Bus di Phuket adanya di Patong, sebaiknya go show aja. Saya tidak tahu websitenya.
      8. Kalau saya lebih memilih ke Singapore dulu, 1-2 hari, lanjut ke KL 1-2 hari, lanjut ke Hatyai, lanjut ke Phuket. Semua by bus, lebih nyaman.

    • Yoeni Rebellion

      mbk mau nny,,,dapt tiket tour 1200 bath booking dmn yaa mbk,,mhn infonya,,kali aj sy bisa dpt segitu jg,,,mksh ^_^

  • Wulan

    Tetapi pak, kalau misal andai kata semua by bus sing-kl-phk-bkk itu makan berapa lama ya. hahaha

    Yang saya dengar phuket dan bangkok ga aman, banyak perdagangan anak2 begitu pak. kita wisatawan dtg kesana , kalau di bawa tuk2 kemana juga ga tahu kan.

    • harjo

      Bisa kombinasi antara bus dengan kereta juga sih.
      Kalau gk salah ya, sudah lama juga soalnya:
      BKK – PHK : 8 jam
      PHK – Hatyai : 3 jam (kalau gk salah ya!)
      Hatyai – KL : 9 jam (kalau gk salah)
      KL – Sin : 8 – 9 jam
      Masalah keamanan relatif ya … di BKK memang banyak penipu, tetapi halus, dia suka mengincar wisatawan untuk membeli batu permata, tetapi kalau kita tolak gk masalah.
      Memang bawa anak2? Selama kita menjaga dengan baik, kan gk ada masalah …
      Masalah tuk2 kan tergantung kesepakatan kita, mau ke mana? Yg penting nyampe, kalaupun harus di putar2 gk masalah … Tetapi biasanya dibawa ke tempat2 penjualan batu permata … Kalau gk mau naik tuk2 ada juga bus gratisan juga loh … keliling aja …
      Yg pasti, BKK relatif aman koq.
      Yg pasti JKT lebih tidak aman dibanding BKK.

  • Yoeni Rebellion

    pak harjo,,sy mau nanya lagi ne,,blh yaa,,heheeh

    saya tanggal 20 november berangkat ke bangkok
    nah rencananya smpe jam 5 sore disn,,, dan sya mau menghabiskan watu di bangkok sekitar 3 hari 2 malam,,dan pagi tgl 22 nya,,saya mau ke pattaya,,,cuma 1 hari,,tp ga nginap,,,dan dari pattaya mau langsung kep huket, ,melalu bus,,,dan smpe ke phuket sy mau menghabiskan waktu 3 hari 2 malam,,, di tanggal 25 nya,,saya mau ke KL,,,,dan tgl 27 to 28 pagi sy puulang ke medan,,

    nah yang mau sy tanyakan,,,
    1. kalau di bangkok bagusnya kita nginap di daerh mana ya pak? yang murah,,tp aman dan strategis,,ga jauh dari tempt2 wisata dan mall ,,
    2.dan saya kan smpe jm 5 sore,,pengen langsung jlan2,,,wisata ap ya pak yg harus sy lakukan dulu? belanja? to ?dimana?
    3.kalau ke pattaya dengan wktu yang singkat,,wisata wajib ap yg harus sy kunjungi pak?
    4.kalau dari pattaya ke phuket brp jam pak? harga tketnya brp yaa pak?dan berangkat jam berp pling mlm?
    5.setlh smpe di phuket sy lebih bagus nginap di mn pak?di daerh patong bagus ga pak? terus dapatin tiket tour nya dmn ya pak? yang murah,,,
    dan wisata ap yg bagus sy coba? klo phi phi island dan james bond ,,bagusan yg mana pak? dan apa cukup waktu sy yg cm 3 hari disn untuk menikmati phuket?
    6,,kalau dari phuket- kL ,,naik ap lebih bagus pak? apa bisa naik bus langsung? atau mesti berhenti lagi di hat yai? dan sambung lagi ke KL?
    ap di hat yai tmpt ny bagus pak? klo iy,,apkh sy nginap di hat yai dulu,,to lbh bagus ke KL langsung?
    maaf bnyk pertanyaan,,karna ne pertama kali ny sy mau ke bangkok dengan rute tersbut,,, sy minta pendpt ny pak harjo, buat referensi,karna sy cuma punya waktu 8 hari 7 malam dan ga ngerti ap2 disn,,dan pagi2 harus pulang ke medan,,,thx pak,,^_^

    • harjo

      Yoeni, saya jawab point perpoint ya,
      1. DI Khaosan Road, ini tempat terkenal untuk menginap para backpacker dunia. Murah meriah, mulai dari puluhan – ratusan ribu ada. Dan semuanya dekat ke obyek2 wisata.
      2. Kalau soal belanja, coba di MBK untuk beli suvenir, murah.
      3. Saya belum pernah ke Pattaya, jadi gk bisa kasih saran.
      4. Kalau dari BKK, saya tahu, sekitar 500 an THB, jam 21.00 dari BKK, sekitar 8 jam-an. Atau coba cek di sini:

      http://www.pattayabus.com/en/route_schedule.htm

      dan http://www.phuket-pattaya.com/english.html
      5. Ini ibaratnya, kalau kamu ke Bali, enakan nginep di Denpasar atau Kuta? di Patong, adalah pusat kotanya, Phuket adalah tempat wisata pantainya. Mana yg kamu suka? tergantung!
      6. Bisa langsung, tetapi tetap ganti bus, tetapi dikelola oleh bis yg pertama kamu naik di Phuket. Bisa juga sampai di Hatyai, baru lanjut dg bus atau kereta.

  • Ventri

    Hallo pak Harjo…

    Saya boleh tanya-tanya yah, masih rencana sih tahun depan pinginnya backpacker ke Thailand mungkin akhir Maret ’12. ini sih masih cari tiket yang murah-murah hehehe, perginya rame2 cewek2 aja. tp kalo ga bisa sendirian dey saya (aman gak yah pak? maklum baru pertama kali)

    1. Untuk Budget backpacker ke Thai kurang lebih 10 hari berapa yah pak? rencananya pingin ke Bangkok, Pattaya and Phuket-Patong.
    2. Untuk dari Bkk-Phuket kan naik bis yang seperti pak Harjo, nah kalo untuk kembali lagi dari Phuket-Bkk rutenya sama aja kah pak? Terminal Bus di Phuket apa yah namanya, enaknya langsung pesan tiket pulang atau bisa di beli pas mau balik ke Bangkok aja?
    3. Sebaiknya di Patong pake acara nginep gak yah pak?ato pulang pergi aja Phuket – Patong brapa jam perjalanan??
    4. Selama di Thailand enaknya sy cari2 hotel dari sekarang atau pas sampai disananya muter2 cari yg murah?

    Makasih banyak pak……^_^ v

    • harjo

      Hallo juga Ventri,
      Menurut saya di mana pun bisa aman, bisa juga tidak, tergantung bagaimana kita membawakan diri. Tetap harus hati-hati, khususnya masalah hipnotis.
      1. BIaya hidup di sana, sama saja dengan hidup di Jakarta, bahkan cenderung lebih murah sedikit. Jadi, silahkan hitung sendiri.
      2. Rutenya sama saja. Kalau nama station bus nya sy gk tahu, soalnya pake tulisan Thai gt. Pesan tiket aja di pagi hari untuk pemberangkatan malamnya / sorenya.
      3. Perjalanan cuma 30 menit, jadi pilih saja mau nginep di mana, sama saja.
      4. Untuk enaknya, cari sekarang secara online, lebih nyaman.

    • resmiati

      hi ventry, barengan yuuk berangkatnya.. aq planning tgl 10-18 Maret 2012

  • Haris

    Halo Mas,

    Salam kenal, Saya Haris dari Padang. Sekarang aktif sebagai mahasiswa di salah satu kampus di padang. Mas, saya ingin nanya beberapa hal tentang trip ke thailand.

    Tanggal 14 desember ini saya dan 3 orang teman saya akan backpacker ke bangkok dan phuket, kita cuma punya waktu 6 hari. Yang ingin saya tanyakan ke mas adalah

    1. apakah ada bus atau train dari bandara suvarna bumi ke khaosan road sekitar pukul 2 dini hari ?
    2. apakah ada bus dari khaosan road langsung ke phuket ?
    3. jarak dari terminal bus di phuket dengan patong beach berapa lama y mas ? dan apakah ada bus serta berapa biayanya ?
    4. Tempat apa yg mesti saya kunjungi ketika di phuket ?

    terima kasih mas, ditunggu sarannya.

    • harjo

      Salam kenal juga Mas Haris.
      1. Saya belum ada pengalaman, kalau jam 2. Tetapi saran saya, sebaiknya menginap saja dulu di bandara hingga pagi hari. Apalagi Anda belum pernah kesana. Lebih aman.
      2. Biasanya saya ke Phuket dari Southern Terminal, bukan Kaosan Road.
      3. Hanya 25 menit saja. Ada bus, tetapi hanya sampai pkl 5 sore saja. Biayanya 3 tahun yg lalu, sekitar 20 THB.
      4. Anda bisa ke Phiphi Island, untuk ke sini anda bisa menggunakan jasa travel. Kalau naik boat besar sekitar 800 THB, tetapi kalau boat kecil sekitar 1600 THB.
      Selamat berbackpacking.

      • Afrienda

        Mas, sy jg dan keluarga rencana akan berliburan tgl 30 Mei s/d 5 Juni, sy ingin dg wkt 6 hari itu bisa ke Pataya jg phuket, bisa ga ya? mohon sarannya, tks

  • prita

    halo mas harjo.
    aku mau tanya2 ni mas. Januari ini aku dan temen2ku mau berangkat ke Bangkok dan sampai suvarnabhumi sekitar jam 9 malam. tlg dibantu ya mas.
    1. ada gak ya kendaraan yang bisa langsung dari suvarnabhumi ke Phuket, jadi tidak perlu bermalam di bangkok lagi.
    2. jika harus bermalam di Bangkok hotel, sebaiknya dimana yg dekat dengan stasiun bus menuju Phuket.

    • harjo

      Halo juga Mbak Prita.
      1. Kenapa nggak explore dulu saja Bangkoknya Mbak? Dari Bangkok ke Phuket itu jauh loh, sekitar 8-10 jam perjalanan. Nginep saja di Bangkok 1-2 hari.
      2. Nginap saja di Khaosan Road, murah meriah, nanti dari sana banyak yang menuju station bus.

  • Dian

    Masss… Saya mau tanya…
    Aku kan mau ke kl trus next kr thailand naek pesawat turun di air port surat thani… Nahhhh kalo dari surat thani ke pataya jauh ta? enaknya naek apa?

  • Dian

    Masss mau tanya….
    Dari surat thani ke bangkok naek apa ya enaknya? biayanya kira2 berapa…? Thanks

    • harjo

      Mbak Dian,
      Ke Surathani ke Bangkok, menurut saya sebaiknya naik bus, nyaman, butuh waktu sekitar 6 jam-an. Biayanya tidak lebih dari 500-an THB. Ini berdasarkan perhitungan dari Bangkok ke Phuket loh. Karena dari Phuket lebih jauh lagi. Sebab saya belum ada pengalaman ke Surathani.
      Surathani ke Pataya, melalui Bangkok dulu, sekitar 2 jam-an perjalanan dari Bangkok.

  • dino

    siang om harjo

    nama saya dino.saya mau tanya, karna saya baru pertama kali ke thailand ,jadi saya kurang mengerti .. saya akan tanyakan bebrapa pertanyaan ke om hajo

    1. saya ingin menginap di phuket, diamanakah hotel yg murah, tetapi dekat dengan patong beach dan banglaroad ?

    2. bagaiman caranya saya ingin mengambil paket tour one day phi phi island ?

    3. dari phuket saya lansung ke bangkok dengan bus, dimanakah tmpat bus atau terminalnya di phuket ?

    4. kalau kita sudah sampai di bangkok, dimakah pemberhentiannya ? apakah dekat dengan kota trsebut ?

    5. kalau suda sampai di bangkok, kemanakah tmp yg terpenting untuk kita kunjungi ?

    saya harap pesan saya di reply, makasi sebelumnnya om :)

    • harjo

      Tks mas Dino, saya coba bantu jawab,
      1. Rata-rata penginapan di Phuket, murah, lebih baik go show aja mas. Akan lebih murah lagi kalau nginep di Patongnya, bukan deket beachnya.
      2. Di setiap penginapan biasanya ada yang menjual jasa paket tour ini, tanyakan saja dengan resepsionisnya, pasti ada.
      3. Terminal bus ada di Patong.
      4. Shoutern Terminal Bus, dekat.
      5. Banyak, ada grand palace, wat pho, sleeping budha, cathucak market, dll.

      Maaf kalau informasinya, mungkin kurang valid, soalnya sudah lama juga.

  • Yan

    Mas Hardjo,
    Saya mau tanya nih, waktu 4 hari itu cukup gak ya untuk nikmatin phuket n bangkok?
    atau cukup pilih di phuket aja atau bangkok aja? kira2 mana yang lebih menarik phuket atau bangkok? thanks

    • harjo

      Itu pun tergantung Ittenery nya, mendarat di BKK atau di Phu?
      Tetapi kalau 4 hari, lebih nyamannya salah satu saja.
      Sebab dari BKK – Phuket saja butuh waktu 8 jam perjalanan.
      Menarik mana Phu atau BKK? Tergantung tipikal orangnya. Kalau lebih suka dg pemandangan alam, ya Phuket.
      Kalau suka dengan bangunan gedung, sejarah, kerajaan, belanja dsb. BKK pastinya lebih menarik.

  • nia

    siang pak harjo,,
    tgl 29 feb 2012 sy dkk mw brlibur ke phuket,,
    tp msh bingung mw jalan kmn,,krn kmi smp phuket nya mlm dr KL,,utk bsk jalan” cm bs sharian,,lusa pagi nya kmi lanjut ke sing,,
    klo jalan” sharian yg bs keliling nya byk abs dr pantai,,lbh baik phi phi island atw james bond island??..krn kita jg ingin mengunjungi vihara (phuket town)..atau ada masukan lain selain ksna yg bs dijangkau dlm sehari??
    trima ksh

    • harjo

      Siang juga,
      Wah seharian ya … dan ini itten nya aneh gitu, dari KL tetapi lusanya malah ke SIN.
      Seharusnya, rutenya: SIN, baru KL, lanjut Phuket, lanjut BKK baru balik ke JKT.
      Ok, mungkin sudah beli tiket ya, dan sepertinya dari Phu langsung ke SIN by pesawat.
      Menjawab yang ditanyakan:
      1. Sesampai di Phuket, langsung pesan aja malam itu juga, untuk ke Phi Phi Island besok paginya. Untuk ke sini butuh satu hari penuh. Dan spt nya memang lebih bagus ke sini dulu, kalau tidak sempat ke James Bond Island.
      2. Untuk ke viahara, ini perlu 1 hari lagi, jadi dipastikan tidak bisa. Seharusnya kamu stay di Phuket minimal 2 hari. Dan hari terakhir ini bisa sewa motor untuk mengelilingi Phuket sekaligus ke Viahara tersebut.
      3. Karena waktu tidak keburu, jadi selesai dari Phi Phi, malamnya langsung ke Patong aja, di sana memang ramai di waktu malam.

  • nia

    blh tny lg yaa pak harjo,,,
    hehehehe,,,
    kmi nginap na di daerah patong,,
    patong beach bgs jg kah spt pantai” lainnya ??
    klo kmi tak sempat ke phi phi island atau pun james bond,,
    enak na kmi jalan” kmn yaa pak??..
    tlg rekomendasi na utk jln” one day full,,
    trima kasih lagi pak :)

  • harjo

    Bagus, itu pulau kecil, kalau bawa motor, kelilingi pulau ini ke cover semua koq.
    Tp saran saya, harus pergi ke Phi Phi Island … selesai dari sana, biasanya sekitar pkl 4 sore … silahkan sewa motor, langsung ke Viahara, bawa peta, biasanya terdapat banyak di hotel.
    Dari atas vihara saya kira mungkin menarik, kaena vihara adalah tempat paling tinggi (munkgin loh ya, sebab saya tidakkesini di waktu malam, siang2!).

  • nia

    kaena vihara bka smp jam brp pak??..
    dan kaena vihara ada di daerah mana??..
    ad msalah lg niy pak,,kita ga ad yg bs bawa mtor :D
    klo mau cri souvenir yg murah,,ada di daerah mn yaa pak,,smp mlm ga yaa..

    • harjo

      Wah … kalau gk salah itu kan tempat ibadah ya …
      Jadi, buka setiap ada jam ibadahnya.
      Tp, memang di depannya pemandangannya bagus, jadi merupakan tempat menarik juga untuk jalan2.
      Karena posisinya di pinggir jalan raya, saya pikir buka sampai malam. Persisnya jam brp saya gk tau.
      Gk bisa bawa motor ya? :D
      Kalau gt sewa mobil aja + supir, saya pikir ini yg paling bagus, jgn sampai waktu terbatas, nyasar pulak …
      Suvenir bisa cari di Pulau Phi Phi nya, banyak yg jual …
      Di Patong juga lebih banyak.

  • nia

    rencana kita ciy,,
    klo pagi ke wat chalong dlu,,trs lanjut ke phi phi island,,
    itu sempet ga yaa pak ??
    klo rute spt itu,,brrt hrs rent car yaa,,
    maaf yaa pak harjo,,kita jd byk tny niy :D

  • rolly

    halo mas harjo…
    saya akan berangkat dari bangkok ke phuket dan sampai kira2 pukul 7 pagi di terminal bus phuket..nah ada yang mau saya tanya neh mas..
    1. kalo kita mau lanjut ke patong transportasi nya apa ya?berapa lama? biayanya berapa?
    2. kalo kita mau menuju phuket international airport dari patong transportasinya apa?apa harus kembali ke terminal bus phuket?berapa lama? biayanya berapa?

    makasi mas…salam backpacker…

    • harjo

      Hallo juga Pak Rolly,
      Ini jam yang sama ketika saya sampai di Phuket juga.
      1. Keluar saja dari terminal, ke arah kanan, di dekat pasar biasanya suka ngetem di situ. Sekitar 15 – 30 menit saja, biaya tidak lebih dari 20 rb rupiah.
      2. Ada bus 3/4 langsung saja dari Phatong, nanti lurus jln bypass, sekitar 1 jam, harga sekitar 40 rb rupiah.
      Salam juga.

  • maya

    halo mas..

    saya mau tny donk, utk bus yg hrgnya 626B itu di dlmnya ada toilet ga ya?

    Makasih :)

  • michelline

    haloo mas.. apa memungkinkan dr bkk ke phuket (cuma mau ikut tour phiphi island) dalam 1 hr saja?
    malam hari dr bkk naik bis ke phuket dan malam harinya kmbl lg ke bkk?

  • michelline

    iya nih soalnya tdnya rencananya cuma mau maen di bangkok aja, tp jd tertarik ke phi phi island gara2 baca web ini.. heheh
    klo tur phi phi island ada patokan mulai jam brp sampe jam brp ga mas?

  • san (@lovely_san)

    mas mau tanya,saya mau kebangkok akhir september inih,1 minggu disana,tapi saya mau ke phuket juga,dr bangkok ke phuket itu gimana caranya ya mas,trus biayanya….kira-kira dana yg dihabiskan untuk makan hotel dan transpoertasi di sana (bangkok+ puket 1 minggu) berapa ya mas,mohon bantuannya

    • harjo

      Dari BKK ke Phu, bisa naik bus malam, spt yg saya ceritakan di atas. Masalah dana, yang pasti di BKK agak lebih rendah sedikit dibandingkan di Jakarta, termasuk juga dalam hal makan, penginapan, dan transportasi.

  • widya

    hi mas harjo kebantu banget nih blognya… tapi tetep saya punya pertanyaan. Saya berencana 4 hari (14 – 18 nov) untuk trip di Thailand.. Kami brangkat pagi ke Bangkok, kemudian keesokan harinya lanjut ke Phuket, bus terakhir dr bangkok jam berapa ya mas? apakah terlalu mepet waktu kami untuk explore bangkok, phuket beserta pulau pulau nya?? terimakasij

  • Yulvi Hendri

    mas mau tanya,kalau dari phuket ke penang naik bus apa ya?bisa beli tiket dimana?perjalanan nya butuh berapa jam ya?maksi ya mas… :D

    • harjo

      Anda bisa ke terminal bus di Phuket, saya tidak tahu bis apa, karena tertulis dengan bahasa Thailand. Nanti di tanya saja di sana, untuk tujuan Hatyai. Nanti di Hatyai baru lanjut lagi ke Penang. Banyak kendaraan yang menuju ke sana.

  • vny

    Siang mas harjo,
    Rencananya maret’13 saya dan teman mau k thailand. Saya ingin menanyakan. Saya berencana tiba di bandara phuket, dan pulang dari bandara bangkok, saya ingin menanyakan,
    1. Apakah untuk waktu di sekitar phuket & perjalanan phuket-bangkok cukup 2 hr saja? Karena saya berencana melanjutkan hr k-3 di bangkok.
    2. Saya ingin pergi ke chiang mai dan chiang mai. Disana ada wisata apalagi ya,slain white temple?

    Trims mas..

    • resmi ati

      siang mas harjo

      akhir januari 2013 saya ada planning mau ke bangkok-phuket-kl-singapore via darat. kira2 waktu 8 hari cukup atau tidak? bisa tolong dikasih contoh itinary nya. makasi

      • harjo

        Cukup, 2 hari di BKK, 2 hari di Phuket, 2 hari KL dan 1 hari aja di SIN.
        BKK – Phiuket (nginep di bis, sehgingga bisa hemat boiaya hotel)
        Phu – KL (nginep di bis juga)
        KL- SIn (nginep di bis).
        Sehingga 8 hari cukup.

      • resmi ati

        sore mas harjo

        thanks banget untuk infonya, ada referensi orang indo yang tinggal disana yang bisa saya hubungi? soalnya first time ke thailand takut kesasar kendala masalah bahasa dan tulisannya yang gak jelas.

        thank you

      • resmiati

        siang mas harjo, sy ada planning tgl 10-19 mei dng rute bkk-phuket-penang-kl-sing. untuk dibangkok 2hr, phuket 2hr. kira2 tempat apa sj yg wajib sy kunjungi? tgl 11 mei sy ingin k chatuchak market selebihnya blm ada ide. mohon bantuannya… makasi

      • resmi ati

        siang mas harjo, pa kbr? sy rencana pergi ke bangkok tgl 10-19 mei dgn rute jkt-bkk-phuket-penang-kl-sin-jkt. sy smp di bkk sabtu mlm dan minggu paginya ingin ke chatuchak market, sebaiknya sy stay dihotel mana?. Dari bkk-phkt-penang lwt darat, kira2 tempat apa sj yg wajib dikunjungi utk dibangkok 2 hari dan phuket 2 hari. makasi sebelumnya…

      • harjo

        Kabar baik, menginap saja di sekitar khaosan road, di sini banyak hotel murah meriah. Saya belum pernah ke Penang. Tetapi untuk Bangkok, tempat-tempat yang menarik: sepertinya: Grand Palace, Siam Ocean World, Erawan Shrine, Wat Pho, Lumphini Park, Wat Arun, The Giant Swing, Damnoen Saduak Floating Market.

    • harjo

      Karena waktu yg terbatas, Kenapa nggak fokus saja di Phuket, banyak tempat2 yg asyik. Baru kemudian ke BKK, lihat-lihat kota BKK nya.
      Kalau mau dipaksakan, bisa, dengan menyiasati berangkat dari Phuket malam hari, dan tiba di BKK pagi harinya, jadi bisa nginep di bus double decker itu. Mantap.

  • Iwan

    Wah, asik tuh bisa jalan-jalan kesana.

  • Ahsan Syadzilly

    Mas Harjo, saya meerencanakan liburan ke bkk-phuket akhir maret nanti,berangkat dari medan menuju bangkok dgn AA, dan lanjut naik bus ke phuket di hari itu juga, beberapa pertanyaan saya;
    1. saya ingin mesen tiketnya mas, kalo ada alamat email dan wibesitenya boleh dong di share, soalnya udah lihat2 di bbrapa wibesite rada susah, dan ribet dgn tulisan thai yg sperti cacing menari itu, juga ada yang harus pake kartu kredit..apa tidk bisa kita pesen secara online dan bayar disana..?

    satu aja dlu mas, makasih

  • Afrienda

    Mas, sy dan keluarga rencana akan berliburan tgl 30 Mei s/d 5 Juni, tanpa guide apakah sy akan kesulitan, bila ada guide yg bisa berbahasa indonesia tlg dong infonya, bagaimana sy bisa menguhunginya, sy ingin dg wkt 6 hari itu bisa ke Pataya jg phuket, bisa ga ya? mohon sarannya n infonya tks

    • harjo

      Maaf baru jawab sekarang, baru aktif lagi ngeblog.
      Bisa saja, hanya saja kalau bersama keluarga, sebaiknya fokus saja di Phuket. Tetapi kalau mau ke Pataya fokus saja dengan Bangkok sekalia.
      Bangkok – Phuket berjarak 12 jam perjalanan jika naik bus malam.

  • Ratna

    Selamat Sore Mas,

    Saya mau tanya, tengah bulan Mei ini saya berencana ke Bangkok, dan mau ke Phuket menggunakan Bis, mau tau, bis dari Bangkok ke Phuket itu berhenti di Phuketnya dimana ya? di Phuket Bus Terminal? Boleh tahu itu di Phang Nga Road-nya bukan ya?

    Mohon info..

    Terima kasiih..

  • fauzisobatbumi

    mas, saya al stay bandung. beda phuket town sama patong beach gimana mas??? apa sama atau beda. kalau beda jarak dari puket town ke patong brp lama sama transportasi yang murah apa ommas?

  • chandra iman

    wiii seruuuuuu jadi mau ke phuket

  • dian darwis

    mas harjo, saya ada rencana mau liburan ke thailand 5 hari 4 malam. kalo saya di bangkok 2 malam diitung dari hari pertama sampe, cukup ga ya waktunya kalo saya mau lanjut ke phuket? rencana ke phuket nya naik bis. kembali ke jakarta nya dapet flight malam. makasih mas!

    • harjo

      Sepertinya waktunya terlalu mepet ya…
      Tapi dengan asumsi, Anda tiba di Bangkok, kemudian kembali ke Jakarta melalui Phuket. Itu bisa saja, walaupun waktunya terlalu sedikit.
      Cukup nggak cukup kan Anda tetap harus ke Phuket?
      Sebaiknya hanya satu malam di Bangkok, kemudian malamnya Anda ke Phuket dengan bus. Jadi di BKK 2 hari 1 malam. Bukan 2 hari 2 malam!!!

  • Wesley

    mau tanya mas
    1. kalau untuk ke Southern Bus Terminal dari bandara Don Mueang naik
    apa ya mas?
    2. biayanya kisaran berapa mas?

    thanks ya :)

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 75 pengikut lainnya.

