Buat Pondasi Rumah

rumah1Bulan ini sebetulanya, bukan waktu yang cocok untuk membangun rumah. Bagaimana mau membangun, bukankah sekarang musim hujan? Tetapi aneh, sepertinya koq malah jarang turun hujan, cuma mendung saja. Dan sesekali hujan rintik saja. Sebetulnya maunya sih, sekitar bulan April-an, sehingga akhir tahun ini saya bisa berlibur dulu.

Tetapi rupanya untuk membangun jika tidak dipaksakan untuk memulai, sepertinya memang berat. Terbukti rencana yg sudah disusun sejak 4 tahun yang lalu selalu saja gagal, baru kali ini berani memulai. Akhirnya dengan modal nekat, akhirnya diputuskan untuk memulai membangun. Ini lah nekat kedua setelah memutuskan untuk kuliah dulu. 

Hari ini adalah hari ke-16 tukang-tukang  membangun pondasi. Masih belum rampung benar, karena terlalu lama untuk membuat dan pemasangan cakar ayam.  Hari ini tukang-tukang tersebut meminta ijin untuk pulang dulu ke rumahnya di daerah Curug, Bogor. Sebuah pekerjaan yang sebetulnya tanggung, kenapa tidak diselesaikan lebih dulu, baru pulang?

Sejauh ini biaya yang sudah dikeluarkan untuk membangun pondasi saja ternyata cukup besar juga, Rp 24.000.000,-   sudah menghabiskan pasir 4 truk, batu belah 3 truk, 1 truk batu split, sekitar 40 sak semen.

Harga pasir saat ini Rp 1.200.000,- pertruk (7 kubik), batu belah Rp 1.200.000,- per truk, semen padang Rp 50.000,-.  Pekerjaan pondasi saat ini masih belum selesai, akan dilanjutkan lagi mulai 31 Desember 2008. Rencananya kegiatan ini dibagi menjadi 3 bagian, pekerjaan pertama adalah buat pondasi, kemudian bangun untuk satu lantai dulu, terakhir ditingkatkan menjadi 2 lantai.

Semoga pembangunan rumah ini bisa selesai, sebelum bulan Agustus 2009.

About these ads

14 responses to “Buat Pondasi Rumah

  • kweklina

    Selamat…selamat..semoga selesai sesuai rencana…

    jangan lupa acara selamatannya hihihihi

    Selamat Tahun baru, ya ! :D

  • Oemar Bakrie

    Semoga semuanya lancar dan nanti kalau ada upacara peresmian kita-kita para blogger diundang ya … :)

  • eNgga

    waa,, mo bkin ruma nehh ..
    hhahahay ..

  • Ikkyu_san

    semoga selesai sebelum agustus ya

    EM

  • ybandung

    Semoga ndang kelar Mas Hari .. sukses.

  • Suryo Gumilar

    Gimana Oom dah jadi belum sekarang rumahnya?

  • eddy

    mas harjo yg baik saya mo meningkat rumah luas bgunan yg ada 40 m sy mo buat pondasi dg cara menggali lobang u/ titik pindasi diameter 30 cm dalam 3 m dr titik ketitik 3m tanah merah kalau digali tanahnya gempur tdk keras, gimana mas yg cocok pondasinya yg ngirit tapi kuat kira2. saya akan membuat 1 lantai atap cor beton untuk jemuran luas tanah 6.5 X 13 m

  • Prasetyo

    Mas saya mau buat rumah 2 lt ukuran 9*9 tp smtr sampai lt 1 dulu dg cat atap cor semua unt kedepan dilanjutkn lt 2. Bila ada yg berkenan menawarkan unt memborong sy ucapkan byk trmks. Dg cat rumah sederhana saja&biaya minimum

  • immanuel ginting

    Salam kenal Mas Harjo, kami punya kapling ruko kecil unkuran panjang 6 m X 4.5 M, 2 Kapling dimana yang berbatasan dengan kami sudah dibangun dan sudah buka toko. Saya mau bangun ruko 2 lantai dan yang kami tanyakan karena alasan keuangan: 1. Dapatkah membangun pondasi saja terlebih dahulu mumpung pengembangnya masih punya proyek di lokasi agar lebih mudah dalam urusan batas tanah dsb nya. 2. Berapa perkiraan biaya pembuatan pondasinya saja? Atas perhatian Nya Trima kasih.

    • harjo

      Salam kenal juga Pak Ginting, maaf, saya bukan orang yang ahli untuk membangun rumah apalagi ruko. Tulisan di atas hanya kebetulan saja, saya sedang membangun rumah. Mungkin pembaca lain nanti ada yang bisa membantu. Tks

  • immanuel ginting

    Pak Harjo, trima kasih atas info yg bapak berikan, semoga pembangunan rumah bapak cepat selesai. I.Ginting

  • taufik

    Pak Harjo aku mempunyai tanah 7 x 14 m tolong buatkan gambar pondasi rumah, rencana 2 lantai, lantai 1 belakang kanan kamar mandi, tempat cucian, mushola, 2 kamar tidur , ruang tamu, garasi, dapur samping, ruang kelurga,teras.
    terima kasih pak!

  • Edi

    Sudah jadi rumahnya mas…

  • arianto

    gmn ya pak, klo buat pondasi di tanah bekas urukan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 60 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: